Memahami realita tanpa kata

O Menino e o MundoTitle: Boy and the World / O Menino e o Mundo (2014)
Category: Movie
Genre: Animation, Adventure, Family
DIrector: AlΓͺ Abreu
Rating: ★★★★★

Sudah lama sepertinya aku nggak nulis tentang film yang aku tonton. Mungkin karena rutinitasku yang nggak memberiku izin untuk nonton film, ya. Tetapi, beberapa pekan yang lalu, ketika rutinitasku terganggu oleh liburan singkat di Semarang (yang sama sekali tidak aku sesali), aku pun akhirnya menonton film yang sudah lama mendekam di laptopku. Ada dua film yang aku tonton bareng adik-adikku, dan kedua-duanya sangat mengesankan, tapi kayaknya yang satu ini lebih memorable, jadi aku akan nulis tentang film ini aja.

Dulu aku tahu informasi tentang film ini dari sebuah channel Jepang di YouTube. Aku nggak bener-bener paham waktu lihat trailer-nya, apalagi deskripsi dan komentar-komentarnya pakai bahasa Jepang semua. Tapi, aku langsung terpikat dengan animasi yang imut dan cantik, dan seketika itulah aku langsung memasukkan film ini ke dalam to-watch list-ku.

Oleh karena itu, maklum saja ketika pertama kali nonton, aku sama sekali nggak ngerti apa-apa tentang film ini. Biasanya kan karena udah baca-baca informasi dan sedikit spoiler tentang sebuah film, aku bisa rada bragging ke adik-adik tentang apa yang aku tahu. Tapi kali ini berbeda. Aku sama sekali nggak tahu apa-apa. Jadi, semua ekspresi dan komentar yang aku tunjukkan dan utarakan benar-benar merupakan reaksi yang pertama kali muncul, bukan lanjutan.

Secara umum, Boy and the World menceritakan tentang seorang anak laki-laki kecil yang tinggal di daerah terpencil bersama dengan kedua orangtuanya. Suatu hari, ayah si bocah ini pergi untuk mencari pekerjaan di kota. Tidak ingin berpisah dengan ayahnya, anak ini pun langsung menyusul untuk mencarinya. Kemudian, dimulailah petualangan anak laki-laki ini di dunia yang baru, yang sama sekali berbeda dengan dunia kecilnya yang damai dan bersahabat.

Read more

Topic : Same Planet, Different World
Genre : Diary

Jawaban-jawaban yang justru bikin tambah penasaran!

The_Fever_Code_Cover2.jpgTitle: The Fever Code (The Maze Runner #0.6)
Category: Book
Genre: Fiction, Sci-fi
Author: James Dashner
Rating: ★★★★★

Kayaknya sudah lama sekali sejak aku baca serial The Maze Runner, beberapa saat sebelum filmnya keluar. Oke, itu nggak lama-lama amat, tapi setelah filmnya keluar dan sedikit mengubah (kalau nggak mau dibilang merusak) plot ceritanya, aku sudah hampir lupa gimana jalan ceritanya secara detail. Aku cuma inget kalau waktu itu di wisma, aku cerita tentang The Maze Runner sesorean sampai dimarahin Ustadzah. Entahlah orang yang aku ajak cerita inget apa nggak. Haha.

Secara umum, buku ini menceritakan tentang saat setelah The Kill Order dan sebelum The Maze Runner. Thomas (bukan nama sebenarnya!) kecil sudah menjadi bagian dari penelitian WICKED sejak kecil, sejak sebelum Maze dibangun, dan tumbuh di situ. Dia bertemu dengan Teresa (bukan nama sebenarnya juga!) dan yang lainnya, kemudian mulai menemukan hal-hal ganjil yang akhirnya mendorong dia untuk melakukan sesuatu yang benar-benar berani pada akhirnya. Hal yang bagus dari penelitian ini adalah bagaimana anak-anak yang menjadi subjek (oke, aku masih nggak suka dengan sebutan itu, ugh) senantiasa dijaga, dari mulai sandang-pangan-papan sampai pendidikannya. Mereka semua selalu mengikuti berbagai macam kelas. Ya, walaupun mereka dipisahkan dari orangtua mereka, pendidikan mereka nggak pernah diabaikan. Ah, mendadak aku jadi inget tinggal di asrama... Untungnya virus Flare itu belum nggak ada beneran, ya. Haha.

Read more

Topic : Same Planet, Different World
Genre : Diary

Legenda Pendekar Rajawali

LOCHTitle: The Legend of the Condor Heroes (Condor Trilogy #1)
Category: Book
Genre: Fiction, Martial Art, Classical
Author: Jin Yong
Rating: ★★★★★

Sebelumnya aku harus minta maaf. Semenjak kematian Yang Kang, salah satu tokoh dalam buku ini, aku merasa nggak kuat menyelesaikan buku ini. Well, nggak serta-merta juga itu salahnya Yang Kang, sih. Kematian orang-orang sebelum Yang Kang juga memberikan perasaan yang sama. Selain itu, aku juga tiba-tiba dihadapkan pada banyak halangan dan rintangan untuk bisa menyelesaikan buku ini, jadi kupikir, sampai semuanya kembali normal, aku pasti akan menyelesaikan membaca buku ini. Masih ada banyak hal di dalam pikiranku yang belum terpuaskan.

Selanjutnya, aku harus bilang kalau buku ini adalah sebuah sarana yang membawaku bernostalgia ke masa kecilku dulu. Aku nggak tahu kenapa temen-temenku, siapa pun itu, sewaktu aku tanyakan soal buku ini, yang dulu ada serialnya di TV, nggak pernah ada yang merasa inget sama sekali. Hmm, mungkin aku dulu memang hidup di dunia yang berbeda dari anak kebanyakan? Bisa jadi.

Read more

Topic : Same Planet, Different World
Genre : Diary

Aksi, Romansa, atau Pembalasan Dendam?

Title: Urban Games (2014)
Urban Games 2014Category: Movies
Genre: Action, Thriller
Rating: ★★½

Sewaktu lihat trailer-nya di Celestial Movies, aku sebenernya nggak begitu tertarik dengan film ini. Aku baru pengen nonton ketika aku sadar ada Ashton Chen (atau yang lebih akrab di telingaku sebagai Shi Xiaolong), martial artist kesukaanku sejak aku masih kecil (aku pernah nulis tentang kesukaanku ini, termasuk tentang Xiaolong, di suatu tempat di blog yang lama, tapi kayaknya nggak sepenuhnya ter-export ke blog ini). Walaupun aku tahu film ini bukan tentang kung fu, tapi kalau ada dia, action-nya seharusnya nggak garing. Ditambah lagi, setelah aku telusuri lebih lanjut sebelum bener-bener nonton film ini, ternyata di dalamnya juga ada JUNO. Siapa JUNO? Aku juga tadinya nggak tahu. JUNO ini adalah adik kembarnya Junsu JYJ, seorang penyanyi Korea. Selanjutnya, aku dapat informasi kalau film ini ditulis dan disutradarai langsung oleh seorang "Hollywood stunt coordinator" bernama Robert Brown. Nah, melihat ternyata ada aktor multinasional yang main di dalamnya, ditambah dengan sutradara yang terdengar menjanjikan, aku pun mencoba nonton film ini secara utuh.

Read more

Topic : Same Planet, Different World
Genre : Diary

Watch How the Time Seize Us

Rating: β˜…β˜…β˜…β˜…β˜…
Category: Movies
Genre: Drama

Terkadang aku mikir, kenapa aku menemukan hal-hal bagus dengan cara tidak sengaja. Sudah ada begitu banyak hal yang aku bagikan dan ceritakan di blog ini, yang aku temukan secara tidak sengaja. Film ini juga aku "temukan" dengan "tidak sengaja" pada suatu hari di tahun lalu. "Dibuat dalam waktu 12 tahun" adalah daya tarik tersendiri dari film ini, yang akhirnya mendorongku untuk menonton film ini ketika akhirnya aku punya kesempatan.

Menceritakan kisah hidup Mason (Ellar Coltrane) sejak umurnya 6 tahun hingga 18 tahun, pada awalnya film ini membuatku bertanya-tanya. Aku menonton dengan serius, mencoba mencermati setiap detail yang disuguhkannya, mencari apa yang sesungguhnya ingin diceritakan oleh film ini. Hingga dialog terakhir, yang baru kusadari setelah credits scene sudah muncul, aku baru memahami pesan apa yang sebenarnya ingin disampaikan oleh film ini.

Boyhood Last Scene


Ya, kutipan script di atas adalah bagian paling akhir dari film ini, dan inilah satu-satunya bagian yang bagiku mampu merangkum seluruh maksud cerita ini. Boyhood bukan hanya bercerita tentang Mason, kakaknya, ibunya, ayahnya, atau kehidupan mereka. Boyhood menceritakan tentang waktu. Ketika aku menonton film ini, aku menyadari perubahan pada diri Mason dari kecil hingga dewasa. Tetapi aku tahu dia tetaplah Mason. Ini memberiku petunjuk bahwa semua orang, sekeras apa pun dia berusaha untuk tetap sama, dia tidak akan bisa menjadi orang yang sama selama bertahun-tahun. Semua yang dia temui, hadapi, dan alami, akan memberikan efek pada hidupnya di kemudian hari.

Read more

Topic : Same Planet, Different World
Genre : Diary

Cari
Kalender
Β« 09 | 2017/10 | 11 Β»
Su M Tu W Th Fr Sa
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31 - - - -
Tentang Diriku

bilabaik
bilabaik


Kita hidup di bumi ini
Hari ini, esok, dan seterusnya
Masa depan sangat panjang; kota impian
Mari coba satu-satu kita wujudkan


[Doraemon OST - Bokutachi Chikyuujin]

Jadikan Teman

Jadilah teman user ini.

Tautan Saya
Buku
Book recommendations, book reviews, quotes, book clubs, book trivia, book lists
Tautkan Ke Saya


RSS
Powered by FC2 BLOG

Let's start blogging!!

Powered by FC2 Blog