Soundtracks of the Week

Playlist Cover



Pekan ini adalah pekan yang lucu. Dimulai dari acara keluarga yang asyik, yang juga merupakan kali pertama aku absen di semester ini, sampai ke musibah ukuran sedang, yang juga merupakan pengalaman pertamaku berurusan dengan kriminalitas. Jujur saja, aku sampai-sampai nggak bisa bikin komplain apa-apa. Mungkin saking lucunya, aku jadi nggak bisa merasakan semuanya dengan wajar. Hmm, kedengerannya sedih, memang, tapi perlu aku informasikan, aku nggak bener-bener merasakan apa-apa, dan boleh dibilang aku justru bingung harus bersikap seperti apa.

Pada akhirnya, aku cuma bisa mengingat lagu-lagu yang menemaniku di hari-hari itu. Lagu-lagu itu adalah yang aku bagikan di postingan kali ini. Tanya aja, deh, sama orang rumah, dan mereka semua akan bilang kalau selama pekan ini, lagu-lagu ini telah menjadi bagian kehidupan mereka. Haha. Itulah latar belakang dari judul tulisan ini.

Pertanyaan yang mungkin muncul berikutnya adalah, "Mengapa dan bagaimana lagu-lagu ini bisa menjadi soundtracks of the week?" Maka dari itu, izinkan aku untuk menjelaskan sedikit latar belakang hadirnya masing-masing lagu ini di dalam kehidupanku pekan ini.

Read more

Topic : Same Planet, Different World
Genre : Diary

Karena Golden Trio dan Baudelaire orphans



Rekaman yang aku tampilkan di sini adalah rekaman suaraku kemarin. Aku menyebutnya audioblog, tapi silakan saja kalau mau menyebutnya blabbering atau apalah. Haha. Aku nggak keberatan sama sekali.

Judul rekamannya sudah secara gamblang mendeskripsikan isinya, jadi kupikir aku nggak perlu menyebutkannya lagi. Ceritanya sebenarnya sudah dimulai sejak kehidupanku mulai berputar di sekitar Harry Potter (karena alasan yang nggak bisa aku sebutkan). Kemudian, ketika aku mencoba menyelesaikan membaca A Series of Unfortunate Events (yang masih aku lakukan ketika aku menulis ini), sesuatu mendorongku hingga rekaman ini dirilis. Kalau mau tahu apa yang menghubungkan kedua hal tersebut, mungkin ada baiknya kalau langsung dengerin aja, ya, daripada aku malah menulis ulang apa yang aku omongkan di rekaman itu.

Oh, satu lagi. Aku ngomong di situ pakai bahasa Inggris. Bukan apa-apa, itu cuma hobi aja. Sungguh. Jadi, maklumi saja kalau bahasa Inggrisnya nggak bisa disamakan dengan bahasa Inggrisnya Neil Patrick Harris atau Tom Felton.

Oke, kategori tulisan ini adalah "Music," tapi jujur saja, nggak ada musik sama sekali di audio yang aku tampilkan di sini. Bukan masalah, memang, karena aku bisa saja mengganti judul kategorinya kapan pun aku mau. Haha.

Topic : Same Planet, Different World
Genre : Diary

Bruce Lee's Quotes [3 songs]

ATTITUDE-DETERMINES-ALTITUDE-600x600.jpg



Dulu, aku pernah nge-share sebuah gambar yang isinya adalah quote dari Bruce Lee. Itu masih jadi quote favoritku sampai saat ini. Kemarin, waktu lagi menjelajah di YouTube, tiba-tiba aku menemukan beberapa video interview Bruce Lee di sebuah acara bernama The Pierre Berton Show. Dari situ, aku mendapatkan suara asli Bruce Lee yang mengucapkan kata-kata bijaknya. Lebih dari sekadar membaca, bukannya lebih keren kalau kita denger langsung suaranya? Walaupun memang, kalau katanya Mrs. Lee (istrinya Bruce Lee), cuma ngapalin omongannya Bruce Lee aja nggak akan menambah ilmu kita. Yang lebih penting adalah "mengamalkan" buah pikiran Bruce Lee menjadi sebuah aksi yang nyata.

Maka dari itu, sebagai bentuk sharing inspirasi, hari ini aku menghadirkan 3 quotes Bruce Lee yang aku dapatkan dari sebuah video kompilasi quote Bruce Lee oleh Sean Olivares di YouTube.

Read more

Topic : Same Planet, Different World
Genre : Diary

"I don't wanna be your hero... I don't wanna be a part of your parade."

family of the year



Aku kenal lagu ini dari film Boyhood. Setelah begitu lama, tiba-tiba aku "dipertemukan" kembali dengan lagu ini sekitar empat hari yang lalu. Aku lagi nonton sebuah video, terus di salah satu bagiannya, lagu ini diputarkan. Aku langsung merasa emosional. Haha. Tapi, sungguh, aku merasa lagu ini punya sesuatu untukku.

Let me go
I don't wanna be your hero
I don't wanna be a big man
I just wanna fight with everyone else

Lagu ini seolah pengen menyampaikan pesan khusus bahwa kadang-kadang jadi orang baik itu melelahkan. "Orang baik" di sini maksudnya adalah orang yang berusaha dianggap baik oleh orang lain, atau orang yang berusaha menyenangkan semua orang. Ini jleb, kalau boleh jujur.

Bagian berikutnya nggak kalah menarik.

Your masquerade
I don't wanna be a part of your parade
Everyone deserves the chance to
Walk with everyone else

Sekali lagi, pesan yang mirip: capek kalau harus pura-pura baik di depan semua orang. Dari lagu ini, aku mendapatkan pelajaran berharga tentang betapa semua orang itu berusaha terlalu keras untuk mencapai puncak, padahal belum tentu berada di puncak adalah hal terbaik untuknya.

Susah juga, sih. Karena kita selama ini diminta untuk melakukan yang terbaik, yang ada kebanyakan dari kita justru menyiksa diri sendiri. Jadi, kupikir, yang paling penting adalah jujur kepada diri sendiri. Mengenali dan mengakui apa yang sebenarnya dibutuhkan, bukan apa yang sebenarnya diinginkan.

Topic : Same Planet, Different World
Genre : Diary

Baby, I'm Home!

path.jpg



Sudah beberapa hari ini aku berhenti ndengerin lagu secara sengaja. Kalau ndengerin lagu, itu pasti orang lain yang nyalain, bukan aku. Yah, ada ketakutan tersendiri kalau kebanyakan ndengerin lagu. Takut terjadi apa-apa. Itu saja alasannya. Sudah cukup, terima kasih.

Tapi, kira-kira dua hari yang lalu, dikarenakan sesuatu yang aku lupa apa, tiba-tiba ada satu lagu yang nyantol di kepalaku. Ya, lagu ini: Home oleh Raef. Ini sedikit mengganggu, sungguh. Aku sudah mencoba mengingat-ingat penyebabnya, tapi sampai sekarang aku masih belum menemukannya. Ya, agak mengganjal kalau tiba-tiba lupa seperti ini.

Apa pun itu, tampaknya lagu ini mencoba menyampaikan sesuatu padaku. Musiknya yang catchy, liriknya yang—as usual—puitis, serta pesan yang dikandungnya. Manis, pantas untuk "meracuni" otakku dengan inspirasi-inspirasi keren. Bagian yang paling catchy adalah bagian reff dan bridge-nya. Asyik aja rasanya mengulang-ulang bagian itu. Aku bahkan sampai bikin lyrics image-nya, yang aku upload ke We❤It.

Coba, akan aku tuliskan lirik utuhnya.

I've been through sunshine
Made friends with the moonlight
Traveled the ancient lands
And sailed across the seas
I'm free when I think and fight for what's right
Ain't nobody gonna tread on me
A place I'd call mine and yours forever
This land was made for you and me, yeah!

Chorus:
Ain't no place like home, they say
Home is where that heart is, home is where your love is
Ain't no place like home where I'll be me, me, me, yeah!
Ain't no place like home, they say
Home is where that heart is, home is where your love is
Ain't no place like home where I'll be free, free, free, yeah!


Our lakes they praise the Great
Through the Mississippi valley
Our smiles they shine from sea to sea
In Him we'll all trust, be free forever
Home of the brave is where I'll be
From York that's all new, to the city of Angels,
God bless this land for you and me, yeah!

Chorus

All I know is: Love can feel so good
When we know it brings us close to
Home-sweet-home where
Your mind can set you free... Yeah!

Lyrics taken from here.

Aku nggak akan bicara banyak tentang apa yang aku dapatkan dari lagu ini. Hanya dengan menyimak liriknya saja, pasti sudah muncul banyak inspirasi, pencerahan, entah apalah itu namanya. Nikmati saja. Jadikan inspirasi itu sesuatu yang nyata, Bung.

Topic : Same Planet, Different World
Genre : Diary

Cari
Kalender
ยซ 09 | 2017/10 | 11 ยป
Su M Tu W Th Fr Sa
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31 - - - -
Tentang Diriku

bilabaik
bilabaik


Kita hidup di bumi ini
Hari ini, esok, dan seterusnya
Masa depan sangat panjang; kota impian
Mari coba satu-satu kita wujudkan


[Doraemon OST - Bokutachi Chikyuujin]

Jadikan Teman

Jadilah teman user ini.

Tautan Saya
Buku
Book recommendations, book reviews, quotes, book clubs, book trivia, book lists
Tautkan Ke Saya


RSS
Powered by FC2 BLOG

Let's start blogging!!

Powered by FC2 Blog