Sakit Hati vs Sakit Gigi

Satu malam dengan dua masalah. Dua orang diam tanpa bicara sepatah kata pun. Nggak ada yang tahu kenapa, nggak ada yang berani nanya. Ba'da Maghrib, yang satu langsung meringkuk di kasur, sementara yang satunya menyibukkan diri di kamar. Jelas, semua orang bingung.

"Dia kenapa, sih?" tanya A pada B dengan berbisik, menunjuk Y yang ada di kamar.

"Sakit, kali," jawab B yang kebetulan lagi agak cuek.

A manggut-manggut. "Sakit apa marah?" bisiknya lagi.

B tampak berpikir sejenak. Pada akhirnya dia angkat bahu dan berkata, "Tauk, sakit apa marah, sikapnya selalu kayak gitu!"

Tidak jauh dari mereka, seseorang berkata, "Eh, si X udah tidur? Bentar lagi Isya', lho!"

"Ya udah, bangunin aja!" jawab seseorang yang lain.

B menoleh pada A dan bertanya, "Nah, kalo si X?"

A angkat bahu, "Nggak ngerti. Sama juga, kali, sakit..."

"Atau marah," sambung B.

A hanya mengangguk.

***
Ba'da Isya, akhirnya semuanya terungkap. Y tidak pernah menyahut ketika ditegur maupun ditanya. Sementara itu, X hanya bisa menatap melas sambil memegangi pipinya. A dan B hanya bisa manggut-manggut melihat kenyataan itu. X sedang sakit gigi, sementara Y sedang sakit hati.

"Aku punya kesimpulan," kata B.

"Yap, sama," angguk A.

"Orang sakit gigi—" ujar B.

"—sama orang sakit hati—" lanjut A.

"—perilakunya sama!" kata mereka berdua sambil tersenyum.

***


Memang, kalau diperhatikan, orang yang sedang sakit hati dengan orang yang sedang sakit gigi memiliki kemiripan perilaku. Diam, sama-sama menahan sakit. Yang membedakan antara keduanya adalah latar belakang rasa sakit serta obatnya. Obat sakit gigi bisa dicari di toko, sementara obat sakit hati, seperti yang kita tahu, ada lima perkara:
yang pertama, baca Qur’an dan maknanya
yang kedua, sholat malam dirikanlah
yang ketiga, berkumpullah dengan orang sholeh
yang keempat, perbanyaklah berpuasa
yang kelima, dzikir malam perpanjanglah

Topic : Same Planet, Different World
Genre : Diary

Post a comment

Private comment

Cari
Kalender
« 09 | 2018/10 | 11 »
Su M Tu W Th Fr Sa
- 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31 - - -
Tentang Diriku

bilabaik
bilabaik


Kita hidup di bumi ini
Hari ini, esok, dan seterusnya
Masa depan sangat panjang; kota impian
Mari coba satu-satu kita wujudkan


[Doraemon OST - Bokutachi Chikyuujin]

Jadikan Teman

Jadilah teman user ini.

Tautan Saya
Buku
Book recommendations, book reviews, quotes, book clubs, book trivia, book lists
Tautkan Ke Saya


RSS
Powered by FC2 BLOG

Let's start blogging!!

Powered by FC2 Blog