Get Ready to Shock!

TDCTSTTMR
Rating: ★★★★
Category: Book(s), Trilogy
Author: James Dashner
Genre: Science Fiction, Thriller

Hal pertama yang harus dikatakan soal trilogy ini adalah: LUAR BIASA. Entah berasal dari mana, Mr. J. Dashner bisa menemukan ide tentang virus buatan manusia bernama Flare yang bisa menyerang siapa saja di bumi, dan membuat pengidapnya menjadi gila. Sebuah ide yang sungguh sangat brilian sekaligus menakutkan. Novel trilogi ini telah menghidupkan propaganda yang telah ada. Sungguh prestasi luar biasa ketika pembuatan film ini menarik perhatian banyak penggemar, bahkan saat baru menjadi rencana!
Itu adalah satu hal. Hal lain yang menjadi daya tariknya adalah keberadaan sebuah dunia di dalam dunia, sungguh jauh dari pikiran rasional kita. Kisah Thomas yang "terdampar" di sebuah tempat misterius dan cukup mencurigakan, dan menjadi aneh ketika dia sadar dia "merasa mengenal tempat itu". Menemukan banyak anak laki-laki yang juga terjebak di sana, yang anehnya beberapa tidak ingin keluar dan kembali kepada keluarga mereka. Ngomong-ngomong tentang keluarga, semua anak laki-laki yang terdampar di sana tidak pernah ingat soal apa pun di masa lalunya, kecuali nama mereka, tanpa nama keluarga.

Petualangan mereka berputar di sekitar maze yang mengitari tempat aneh itu, yang di dalamnya ada hewan aneh, menjijikkan, dan menakutkan, yang rasanya terbuat dari mesin: Griever. Tampaknya keluar dari tempat itu hanyalah impian kosong. Tapi, memangnya kalau mereka keluar, kehidupan akan lebih baik?

Rasanya tidak. Dunia telah menjadi lebih kejam. Pembunuhan terjadi di mana-mana, dan hanya sedikit tempat untuk bertahan hidup. Ketika Thomas dan segelintir anak laki-laki merasa telah bebas dari mimpi buruk, mereka harus dihadapkan pada kenyataan bahwa ada anak-anak perempuan juga di sebuah tempat yang lain, yang menghadapi hal yang sama dengan mereka, dan kini kedua kelompok itu harus melewati serangkaian tes yang tidak terduga, dengan makhluk-makhluk semacam zombie pengidap Flare—yang disebut Crank—ada di sekeliling mereka.

Satu-satunya orang yang bisa dipercaya justru berkhianat. Musuh lama menjadi sahabat. Pengorbanan besar harus dilakukan demi kebaikan bersama, walau harus menyisakan duka dan luka di hati. Akhir cerita yang tidak terduga memberikan twist yang rapi dan tidak benar-benar melegakan.

Penempatan misteri dan pemecahannya yang rapi, memberikan kesan cerita yang begitu mengalir dalam trilogi ini. Penggambaran karakteristik tokoh yang kuat, serta deskripsi yang mendetail dalam setting, telah mampu membuat para pembaca seolah masuk ke dalam cerita, merasa takut bersama dengan Thomas dan kawan-kawannya, merasa senang, takut, gelisah, sedih, bingung, marah, dan lelah, seperti yang mereka alami. Hal ini bisa langsung dirasakan bahkan di permulaan bab pertama.

Satu hal yang sedikit tidak mengenakkan, terlepas dari segala kepercayaan, adalah ketidakberadaan Tuhan dalam trilogi ini. Novel ini seolah memberikan doktrin agnostik dalam seluruh alurnya, menunjukkan bahwa seperti virus yang dapat dirancang sendiri oleh manusia, maka hal-hal lain pun dapat diatur sendiri oleh manusia. Padahal harapan, kematian tak terduga, dan misteri yang tetap menjadi misteri, adalah bukti bahwa ada kekuatan yang jauh lebih hebat dari kekuatan manusia.

Novel ini mengajak kita untuk berusaha sekuat tenaga hingga titik darah penghabisan, untuk mewujudkan dunia yang lebih baik dan bahagia. Satu pesan untuk siapa pun yang akan membaca trilogi ini:

"INI BUKAN TRILOGI SEPERTI HUNGER GAMES DI MANA TOKOH-TOKOHNYA SALING MEMBUNUH."

Tidak ada yang benar-benar secara sengaja membunuh orang lain. Semuanya karena Flare, itu saja. (Tribute to Newt of The Maze Runner Trilogy)

Topic : Same Planet, Different World
Genre : Diary

Post a comment

Private comment

Obamas Behavioral Insight Team ... read more http://goo.gl/qJ9zjS
Cari
Kalender
« 09 | 2018/10 | 11 »
Su M Tu W Th Fr Sa
- 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31 - - -
Tentang Diriku

bilabaik
bilabaik


Kita hidup di bumi ini
Hari ini, esok, dan seterusnya
Masa depan sangat panjang; kota impian
Mari coba satu-satu kita wujudkan


[Doraemon OST - Bokutachi Chikyuujin]

Jadikan Teman

Jadilah teman user ini.

Tautan Saya
Buku
Book recommendations, book reviews, quotes, book clubs, book trivia, book lists
Tautkan Ke Saya


RSS
Powered by FC2 BLOG

Let's start blogging!!

Powered by FC2 Blog