Para Kecoa Juga Bisa!

Saat aku menulis ini, aku menemukan sebuah kata-kata bijak di kepalaku, yang terekam beberapa waktu sebelumnya. "Hal-hal yang gagal melemahkan kita, akan menjadi kekuatan kita." Kata-kata itu mengingatkanku pada perjuangan satu koloni "kecoa" beranggotakan 23 ekor kecoa super. Mereka disebut super lantaran bukan hanya mengganggu ketentraman hidup, tetapi juga banyak bicara, banyak protes, banyak membuat onar, dan sulit sekali diatur.

Pada suatu hari, diadakan pementasan drama. Pementasan ini akan diikuti oleh koloni semut, koloni rayap, koloni lebah, dan koloni kecoa super. Dari keempat koloni itu, koloni semut adalah yang paling disukai, sementara koloni kecoa super adalah koloni yang paling tidak ditunggu. Bagi koloni kecoa super, pementasan ini sengaja diadakan untuk menjadi senjata menjatuhkan koloni mereka.
Maka, seluruh anggota koloni kecoa super tidak mau tinggal diam. Mendapat bantuan dari seekor ulat baik hati, mereka segera mempersiapkan pementasan drama mereka. Mereka selalu saling menguatkan, salin menyemangati, dan saling mengingatkan bahwa apa yang mereka lakukan akan menjadi pembuktian bahwa apa yang serangga lain pikirkan tentang mereka itu salah. Setiap anggota koloni berusaha dengan maksimal, melupakan sejenak semua masalah pribadi, dan menyelesaikan semuanya bersama-sama.

Di hari pementasan, serangga lain begitu terkejut melihat totalitas kerja mereka. Dekorasi cepat , kostum yang indah , dan pembawaan tokoh yang matang sudah mereka siapkan hingga mendekati sempurna. Pementasan mereka tetap terbilang sukses, tidak peduli jika ada serangga-serangga yang masih tidak mau mengakui kemampuan mereka. Mereka tidak kalah dengan para semut, dan tidak lebih buruk daripada para lebah dan rayap. Mereka keren dan kini mereka menyadari itu sepenuhnya.

Anggota kecoa super ke-18 memintaku menuliskan kisah tentang mereka, walau kubilang aku tidak bisa menuliskan semuanya seutuhnya. Dia begitu bersemangat hingga aku tidak bisa menangkap semua ceritanya. Tapi, kata-kata kecoa super itu masih terngiang, ketika dengan mata berbinar dia berkata:
"Kami bukan lagi sekedar koloni kecoa. Kami keluarga kecoa, kami super. Kami satu keluarga kecoa super, dan itu cukup untuk mendeskripsikan siapa kami."
Terima kasih INERSIA, kalian inspirasiku.

Topic : Same Planet, Different World
Genre : Diary

Post a comment

Private comment

Cari
Kalender
« 07 | 2018/08 | 09 »
Su M Tu W Th Fr Sa
- - - 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31 -
Tentang Diriku

bilabaik
bilabaik


Kita hidup di bumi ini
Hari ini, esok, dan seterusnya
Masa depan sangat panjang; kota impian
Mari coba satu-satu kita wujudkan


[Doraemon OST - Bokutachi Chikyuujin]

Jadikan Teman

Jadilah teman user ini.

Tautan Saya
Buku
Book recommendations, book reviews, quotes, book clubs, book trivia, book lists
Tautkan Ke Saya


RSS
Powered by FC2 BLOG

Let's start blogging!!

Powered by FC2 Blog