IBU: Sebuah Keajaiban yang Nyata

md-snap_edited.jpg
Rating: ★★★★
Title: Malaikat Dunia (Single)
Category: Music, Song
Genre: A Capella
Music: Fikri Sintesa
Lyrics: Era Sugiarso & Fikri Sintesa
Mixing & Mastering: Dhion Fanditya (studiodhion)
Video: RYION Pictures

Senang sekali, ada update lagu dari Sintesa. Aku bukan tipe penggemar yang rela nungguin sebuah lagu baru buat rilis. Aku cuma lihat-lihat lagu baru kalau emang pengen aja. Kalau bagus, aku dengerin. Kalau jelek, paling cuma tahu lagunya udah cukup. Well, Hari Ibu yang lalu, kebetulan aku lagi buka Facebook, terus aku lihat ada yang bagi-bagi link lagu ini gratis. Sewaktu kemudian aku buka Twitter, ternyata music videonya juga udah ada, di-share langsung sama @SintesaNasheed. Walau gagal beberapa kali karena laptopnya kepanasan, pada akhirnya aku berhasil mengunduh single baru Sintesa ini, plus music videonya.

Seperti yang sudah bisa dilihat walau hanya sekilas, lagu ini memang dibuat "untuk para ibu di seluruh dunia," sebagai bentuk peringatan Hari Ibu. Lagu ini seolah-olah muncul tepat waktu ketika aku emang lagi butuh inspirasi mengenai Ibu.
Dari sisi lagunya, kita bisa langsung menangkap nada manis sejak detik pertama. Intro-nya mengalun dengan lembut dan membiarkan kita tertarik perlahan untuk tetap mendengarkan sampai akhir. Suara vokalisnya yang melankolis semakin membuat kita menikmati lirik lagu yang sangat puitis, sehingga akan ada saja hati yang melembut, membiarkan air mata mengalir ketika wajah Ibu terbayang di benak. Lagu ini benar-benar memberi perasaan tenang dan haru sekaligus. Bagiku, lagu ini bisa menjadi obat rindu ketika jauh dari Ummi.

Di antara itu semua, ada satu bagian yang cukup mengagetkan ketika mendengarkan lagu ini. Jika diperhatikan, bagian setelah refrain pertama menuju verse berikutnya, terdengar sedikit "menyandung". Ada ganjalan aneh yang membuat kesan seperti "tikungan tajam". Selain itu, rasanya akan lebih bagus ketika bagian breaks sebelum refrain terakhir diberi sedikit efek. Beralih dari itu, keseluruhan musik dan lirik lagunya sangat pantas untuk masuk ke dalam playlist.

Sudah seperti grup musik populer pada umumnya, ternyata Sintesa juga menghadirkan music video yang tidak kalah melankolis. Dimulai dengan nostalgia benda-benda masa kecil, hingga menempelkan foto kenangan yang disusun membentuk hati. Sangat manis, bahkan lebih keren daripada bentuk hati yang dibuat Kyuhyun dalam MV "No Other". Setiap anggota juga menggunakan seragam putih, di mana sang vokalis menggunakan setelan, yang membuat kesan "malaikat" semakin tampak nyata.

Hanya saja, sedikit yang bisa dibilang menyandung juga, adalah keterlibatan yang kurang dari anggota selain vokal dalam drama. Jika dibuat satu anggota menggambar, yang lain menonton video, kemudian ada yang terlihat sedang membuka-buka album foto, atau semacamnya, dan diperlihatkan mereka berada di meja yang sama, maka kesan melankolisnya akan semakin hidup.

Ditinjau secara garis besar, lagu ini sudah menampilkan satu lagi musik yang positif, musik yang punya makna, musik yang memberikan inspirasi. Musik yang tidak membuat anak kecil menyelami dunia yang belum waktunya. Musik yang menyuguhkan lirik puitis, yang meneriakkan pada dunia, "Begini seharusnya seni!" Inilah musik yang dibutuhkan oleh masyarakat sekarang. Bukan musik yang musiknya monoton, liriknya seadanya, dan temanya sama semua. Tapi musik yang puitis, bermakna, dan menginspirasi. Terima kasih untuk kemajuan ini, Sintesa.

Wanna check this song out?




Topic : Same Planet, Different World
Genre : Diary

Post a comment

Private comment

North Korean ship caught smuggling weapons and missile material through Panama Canal ... read more http://goo.gl/5yl8q
Cari
Kalender
« 09 | 2018/10 | 11 »
Su M Tu W Th Fr Sa
- 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31 - - -
Tentang Diriku

bilabaik
bilabaik


Kita hidup di bumi ini
Hari ini, esok, dan seterusnya
Masa depan sangat panjang; kota impian
Mari coba satu-satu kita wujudkan


[Doraemon OST - Bokutachi Chikyuujin]

Jadikan Teman

Jadilah teman user ini.

Tautan Saya
Buku
Book recommendations, book reviews, quotes, book clubs, book trivia, book lists
Tautkan Ke Saya


RSS
Powered by FC2 BLOG

Let's start blogging!!

Powered by FC2 Blog