Hidup adalah Rangkaian Mimpi

fujiko-f-fujioRating: ★★★★★
Title: Fujiko F. Fujio
Category: Book
Genre: Comic, Biography
Author: Tetsuya Kurosawa
Illustrator: Haruo Saito

Setiap anak punya imajinasi dan mimpi masa kecil yang beragam, yang mungkin tidak bisa dengan mudah dipahami oleh orang lain. Semakin dewasa, realita kehidupan membuyarkan imajinasi yang telah terbangun sempurna dan terkadang pula menghancurkan mimpi-mimpi ajaib yang sebelumnya tampak begitu nyata. Atau, mungkin ada juga yang ingin mempertahankan keajaiban masa kecilnya, tapi merasa tidak punya siapa-siapa yang membenarkan serta mendukung, membuatnya berpikir tidak ada yang dapat mengerti jalan pikirannya.

Buku ini akan menjadi jalan keluarnya. Buku ini akan memberitahukan bahwa tidak salah membawa pelajaran masa kecil hingga kita dewasa. Kita tidak perlu memuja-muja "pahlawan" masa kecil kita, tapi tegaskanlah bahwa darinya kita tahu masa kecil kita luar biasa.

Keluar dari standar "membosankan" sebuah biografi, buku ini mampu memperkenalkan seorang anggota keluarga dari orang-orang yang punya imajinasi luar biasa.
Diceritakan dari sudut pandang kucing, pembukaan komik ini sudah langsung membuat daya tarik yang tidak dapat dipungkiri. Cerita dan penggambarannya membuat seakan-akan seluruh keajaiban Doraemon nyata dan membuat kita merasa menjadi bagian dari keajaiban itu. Dengan gaya manga yang mirip dengan Fujiko F. Fujio, kisah hidup sang pencipta Doraemon terasa begitu hidup, menarik pembacanya untuk ikut berimajinasi bersama Fujimoto Hiroshi (nama asli Fujiko F. Fujio). Lampiran foto dan karya-karya beliau lainnya di bagian belakang, seperti sebuah pelabuhan yang mengizinkan kita untuk mengarungi angkasa imajinasi, membawa kita memasuki sebuah portal nostalgia yang membuat kerinduan kita membuncah.

Di samping semua daya tarik eksternal komik ini, substansi ceritanya sendiri tetap menjadi daya tarik utamanya. Bagaimana Hiroshi yang "memiliki dunia sendiri" pada akhirnya menjadi Fujiko F. Fujio yang membawa setiap imajinasi menjadi nyata di mata anak-anak di seluruh dunia. Salah satu hal yang patut dikagumi dari Fujiko F. Fujio adalah bagaimana dia tetap dapat membangun imajinasinya tanpa mempedulikan usia. Memadukan imajinasi dan realita, menuangkannya dalam setiap karya yang akhirnya "dapat membuat hati siapa saja rindu, karena orang-orang yang Hiroshi jumpai. Diri, hidup, dan mimpinya ada dalam komik tersebut (Doraemon)."

Walaupun ada beberapa bagian dari pembabagan hidup Fujimoto Hiroshi yang tidak begitu jelas dalam komik ini, tetapi timeline yang dilampirkan sudah cukup untuk membantu jika dicermati dengan teliti. Hal lain yang membuat penasaran—yang tidak diceritakan dalam komik ini—adalah keberadaan ayah Hiroshi yang diceritakan sangat membenci komik.

Seperti ciri khas kebanyakan kisah Jepang, komik ini juga menyediakan pelajaran tentang cita-cita, kegigihan, dan perjuangan, yang disertai dengan banyak keharuan di sana-sini. Tidak diragukan lagi, komik ini mungkin mampu menjadi penyemangat ketika hati nyaris dilanda keputusasaan. Mengingatkan bahwa harapan, kegigihan, dan keikhlasan akan mengetuk pintu langit, membuka pintu keridhoan Allah, Dzat yang mampu membuat segalanya terjadi.

Topic : Same Planet, Different World
Genre : Diary

Post a comment

Private comment

The Archetypal Devil: Satan Speaks! ... read more http://goo.gl/jkJxvV

Comment is pending approval.

Comment is pending blog author's approval.
Cari
Kalender
« 07 | 2018/08 | 09 »
Su M Tu W Th Fr Sa
- - - 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31 -
Tentang Diriku

bilabaik
bilabaik


Kita hidup di bumi ini
Hari ini, esok, dan seterusnya
Masa depan sangat panjang; kota impian
Mari coba satu-satu kita wujudkan


[Doraemon OST - Bokutachi Chikyuujin]

Jadikan Teman

Jadilah teman user ini.

Tautan Saya
Buku
Book recommendations, book reviews, quotes, book clubs, book trivia, book lists
Tautkan Ke Saya


RSS
Powered by FC2 BLOG

Let's start blogging!!

Powered by FC2 Blog