God Always Keeps My Secrets

path.jpg



Aku pernah berpikir, seandainya Raef nggak berkolaborasi sama Maher Zain, mungkinkah dia akan sepopuler ini, terutama di kalangan masyarakat Indonesia? Karena seingatku, walaupun sudah mengeluarkan banyak lagu yang merupakan perubahan lirik dari lagu-lagu populer, nggak sebegitu banyak orang Indonesia yang kemudian mempopulerkannya. Bahkan, walaupun sudah seterkenal ini pun, ternyata nyaris nggak ada juga temen-temen di jurusanku yang kenal sama Raef. Well, jalan kebaikan memang diciptakan selalu sempit...

Sekarang, bicara soal lagu ini, yang merupakan track keenam dari album pertama Raef, The Path. Ini bukan lagu pertama yang aku nikmati dari album pertama Raef, tapi ini adalah lagu yang kemudian benar-benar meneduhkan dan menenteramkan. Yah, aku nggak bisa ngomong banyak kalau yang baca belum ngedengerin lagunya dulu.

...

Sudah didengerin? Yah, husnudzon aja, lah.

Mendengar larik pertama lagunya, jelas kita belum akan menemukan apa-apa. Tapi mulai menit pertama, kita akan mulai merasakan esensinya, walau mungkin tidak secara sadar. Jujur saja, baru di bagian setelah chorus kedua, aku menghayati lagu ini secara keseluruhan.

People think that I'm alone, but I feel close to You
They don't see that I can love, but I know You do
No one knows just how I feel, only You see through to my heart


Mungkin ada yang lebih paham sastra daripada aku, dan jauh lebih dalam memahami lagu ini. Tapi, buatku, lagu ini mengingatkan kita bahwa selama kita hidup, kita masih punya kesempatan untuk kembali kepada jalan-Nya, bahwa tidak peduli bagaimana orang memandang kita, Allah Maha Tahu tentang hati kita. Seberapa banyak hal yang kita sembunyikan dari dunia, Allah Maha Tahu, bahkan lebih dalam dari apa yang selama ini kita pikir kita tahu.

Pertama kali aku mendengarkan lagu ini, aku menghubungkannya dengan kisah Nabi Ibrahim as. yang mencari Tuhan. Ketika dia menemukan kekuatan besar Tuhan yang menguasai dunia dan seisinya, dia pasti dianggap gila oleh masyarakatnya. Tetapi, Nabi Ibrahim as. bisa merasakan kekuatan besar Tuhan, kekuasaan-Nya, wewenang-Nya. Beliau juga tahu, bahwa Tuhan telah menunjukkan jalan-Nya kepadanya, bahwa Tuhan mencintainya.

Yah, sekali lagi itu cuma opini dari anak peremuan sok sensitif yang mungkin nggak begitu ngerti soal sastra, terlebih syair-syair. Tapi, apa pun esensinya, yang jelas aku harap lagu ini bisa mengembalikan kita ke jalan yang benar, dan bukannya membuat kita lalai dari dzikrullah. Amin.

Topic : Same Planet, Different World
Genre : Diary

Post a comment

Private comment

Cari
Kalender
« 09 | 2018/10 | 11 »
Su M Tu W Th Fr Sa
- 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31 - - -
Tentang Diriku

bilabaik
bilabaik


Kita hidup di bumi ini
Hari ini, esok, dan seterusnya
Masa depan sangat panjang; kota impian
Mari coba satu-satu kita wujudkan


[Doraemon OST - Bokutachi Chikyuujin]

Jadikan Teman

Jadilah teman user ini.

Tautan Saya
Buku
Book recommendations, book reviews, quotes, book clubs, book trivia, book lists
Tautkan Ke Saya


RSS
Powered by FC2 BLOG

Let's start blogging!!

Powered by FC2 Blog