Sang Penyihir pun Berkicau!

Link: http://www.theguardian.com/books/2015/jan/11/jk-rowling-condemns-murdoch-tweet-charlie-hebdo-harry-potter-news-corp-muslims-christian

Kasus penembakan di kantor Charlie Hebdo cukup banyak menyita perhatian orang-orang di seluruh dunia akhir-akhir ini, bukan cuma soal penembakannya, tapi juga akbat yang disebabkannya—Islamophobia dan kawan-kawannya. Hashtag #KillAllMuslims jadi trending topic, paranoia pada Islam kembali merangkak menuju permukaan, dan tuduhan-tuduhan lanjutan disemarakkan.

Di sisi lain, ternyata ada juga orang-orang yang mau membuka mata hati dan berpikir dengan objektif mengenai hal ini. Ketika dunia "diarahkan" untuk membenci Islam, ternyata masih ada orang yang—bukan karena fanatisme—masih mau menyuarakan fakta dan kebenaran. Salah satu figur yang dengan berani mengkampanyekan ini di media sosial adalah J. K. Rowling, yang dunia kenal sebagai "penyihir" yang menciptakan karakter Harry Potter. Artikel yang ada pada link di atas menunjukkan bahwa J. K. Rowling bersikap objektif terhadap kasus ini. Secara khusus artikel ini menyebutkan bahwa J. K. Rowling "menyerang" Robert Murdoch, CEO News Corp, yang dengan gencar menyatakan tuduhannya kepada umat Islam melalui Twitter.

Di salah satu tweet-nya, ketika ada yang mengatakan bahwa Rowling cuma "asal ngetwit," dia pun membalas dengan melampirkan sebuah bukti artikel yang menunjukkan bahwa para teroris yang mengaku jihadis Islam tersebut, ternyata delapan kali lebih banyak membunuh orang Muslim daripada orang non-Muslim.
Sikap J. K. Rowling ini patut diacungi jempol, karena dia melihat kasus ini dari sisi kemanusiaan yang universal, bukan sisi yang berpihak dan saling menjatuhkan. Aksi apa yang sudah kita lakukan untuk meluruskan semua ini?

Topic : Same Planet, Different World
Genre : Diary

Post a comment

Private comment

Cari
Kalender
« 07 | 2018/08 | 09 »
Su M Tu W Th Fr Sa
- - - 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31 -
Tentang Diriku

bilabaik
bilabaik


Kita hidup di bumi ini
Hari ini, esok, dan seterusnya
Masa depan sangat panjang; kota impian
Mari coba satu-satu kita wujudkan


[Doraemon OST - Bokutachi Chikyuujin]

Jadikan Teman

Jadilah teman user ini.

Tautan Saya
Buku
Book recommendations, book reviews, quotes, book clubs, book trivia, book lists
Tautkan Ke Saya


RSS
Powered by FC2 BLOG

Let's start blogging!!

Powered by FC2 Blog