Ahmed Elqattawi: Cerita dari Gaza

Link: http://wearenotnumbers.org/home/Story/70

Sore ini aku membaca "surat" ini, yang link-nya aku tulis di sini, yang ditulis oleh seorang pemuda Gaza. Namanya Ahmed Elqattawi. Dia bergabung dengan sebuah gerakan bernama We are not Numbers, sebuah gerakan yang menghadirkan karya-karya dari "para seniman kata-kata" untuk menunjukkan bahwa segala hal mengenai Gaza dan Palestina bukan hanya soal berapa yang terluka, berapa yang membutuhkan bantuan kemanusiaan, atau berapa yang kehilangan nyawa, tetapi juga soal perjuangan, pengorbanan, tawa, dan air mata. Bahwa Gaza dan Palestina bukan hanya soal jumlah, tetapi juga soal kehidupan dan jiwa manusia.

Kisah yang diceritakan oleh Ahmed Elqattawi ini memberikan sebuah gambaran mengenai kehidupan di Gaza, ketika keberadaan energi listrik sangat terbatas; ketika bom bisa dijatuhkan kapan saja; ketika kematian begitu dekat, hingga ketika itu bukan kita, maka itu mungkin orang terdekat kita.

"Aku sampai pada kesimpulan bahwa perang bukan hanya waktu untuk berjalan di pemakaman orang-orang, tetapi juga waktu untuk menunjukkan orang seperti apa diri kita. Kerjasama dan kebaikan hati-lah yang memberi arti sebuah keluarga." — Ahmed Elqattawi


Di hari Kemerdekaan ini, aku berharap bisa menemukan sebuah pencerahan. Apa pun bentuknya, aku ingin ada inspirasi yang bisa nyantol di kepalaku. Inspirasi yang bisa memanggil sesuatu di dalam diriku. Kisah Ahmed Elqattawi ini langsung menarik minatku walau aku baru membaca judulnya saja. Ketika aku membaca deskripsi singkat tentang orang ini, ternyata dia juga belajar sastra Inggris di Gaza. Tapi mungkin bukan itu yang membuatku tertarik. Kisah dari dalam dunia yang lebih banyak ditutup oleh media, kisah tentang anak-anak yang ingin keluar dan menggapai mimpi mereka, kisah tentang perjuangan yang mungkin akan sangat sulit dipahami oleh orang-orang yang hanya duduk di belahan dunia lainnya—ya, mungkin itulah yang menarik.

Kisah yang cocok untuk menjadi bahan refleksi hari ini.


Topic : Same Planet, Different World
Genre : Diary

Post a comment

Private comment

Cari
Kalender
« 09 | 2018/10 | 11 »
Su M Tu W Th Fr Sa
- 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31 - - -
Tentang Diriku

bilabaik
bilabaik


Kita hidup di bumi ini
Hari ini, esok, dan seterusnya
Masa depan sangat panjang; kota impian
Mari coba satu-satu kita wujudkan


[Doraemon OST - Bokutachi Chikyuujin]

Jadikan Teman

Jadilah teman user ini.

Tautan Saya
Buku
Book recommendations, book reviews, quotes, book clubs, book trivia, book lists
Tautkan Ke Saya


RSS
Powered by FC2 BLOG

Let's start blogging!!

Powered by FC2 Blog