Ada Apa dengan Liburan Ini?

Secara umum, nggak ada yang spesial. Dunia berputar seperti biasanya, waktu berjalan seperti biasanya, dan aku bangun dan tidur seperti biasanya. Tapi, ya, seperti yang aku bilang di postingan sebelumnya, aku memang merasakan ada sesuatu yang berbeda dengan liburan kali ini.

Menurut perkiraanku, tanda-tandanya sudah tampak sejak sebelum liburan. Aku nggak bisa cerita secara mendetail, tapi aku memang merasa berbeda. Suatu hari, aku "terjebak" setelah membaca sebuah tulisan di internet, dan bisa dibilang itulah permulaan semuanya. Setelah aku baca tulisan itu, seperti biasa, aku mencari tahu lebih banyak lagi, dan siapa yang bakalan mengira aku akan bergerak sampai sejauh ini? Ah, ya, ini sebenernya tulisan yang konyol dan egois, karena aku yakin cuma aku sendiri yang bakalan ngerti aku ini sebenernya ngomongin apa. Tapi, let me finish this. Aku bener-bener harus menuliskan ini.

Poin pertama yang aku bicarakan di postingan sebelumnya adalah rutinitas. Perubahan ini sebenernya nggak segitunya banget, sih. Aku cuma merasa lebih sering bersih-bersih rumah aja. Pertama karena aku yang sendirian di rumah, aku jadi penjaga rumah (termasuk di dalamnya adalah tukang lampu. My family knows this well.) dan dipasrahi bersih-bersih. Hal yang baru adalah, aku nggak merasakan apa-apa sewaktu bersih-bersih rumah (emang biasanya ngerasain apa?). Well, ada banyak, entah positif atau negatif. Capek, jelas, namanya juga beraktivitas. Tapi, selain capek, di liburan kali ini, aku nggak merasakan apa-apa. Netral.

Selanjutnya, selera. Bukan, bukan selera makan. Itu masih tinggi, seperti biasanya. Di liburan kali ini, aku nggak sebegitu getolnya nonton TV dan film. Aku bisa ngitung, kok, berapa banyak film yang aku tonton, dan dari semua film itu, nggak ada satu pun yang aku download. Ya, fyi, aku biasanya download film sampai banyak kalau liburan, walaupun emang cuma buat sekali nonton. Tapi, di liburan kali ini, dua dari tiga film aku tonton di TV. Sisanya aku tonton secara online. Perubahan lainnya adalah soal selera musik. Aku lebih banyak mengeksplorasi musik-musik di liburan kali ini. Untuk yang ini, aku cuma cukup tahu aja.

Ketiga, pola berpikir. Kayaknya ini yang paling krusial (believe it or not, semenjak aku kenal kata ini, aku suka banget makenya! ). Nggak tahu juga, sih, tapi kayaknya aku merasa fokus pemikiranku lagi nggak kayak biasanya. Aku bahkan nggak bisa menentukan apa yang aku pikirkan biasanya. Haha. Cuma, ketika menghadapi sesuatu, berkali-kali aku tiba-tiba ngerasa kaget sendiri, "Kok aku bisa mikir kayak gini, ya?" dan hal ini sedikit mengganggu.

Mereka bilang manusia itu dinamis, berubah sepanjang waktu. Aku sadar ini. Aku juga sadar aku nggak mungkin menghindar. Tapi, ada kalanya aku pengen tetep jadi aku yang biasanya, nggak usah berubah-ubah. Kadang aku mikir, kenapa justru perubahan itu datang ketika aku malah lagi enak-enaknya dan nggak pengen berubah?

Entah di dunia nyata maupun maya, aku juga udah melihat banyak perubahan. YouTube-er yang videonya udah nggak seasyik dulu (terus akhirnya aku unsubscribe), blogger yang tulisannya udah nggak semenarik dulu (terus aku unfollow), dan orang-orang yang udah nggak seperti mereka yang aku kenal dulu (yang ini nggak aku apa-apain ).

Aku pikir, semua ini tentang penerimaan, syukur, dan penghargaan. Perubahan nggak bisa ditolak. Kalau itu memang perubahan yang mengantarkan kepada sesuatu yang lebih baik, maka sudah seharusnya disyukuri. Nggak berhenti di situ aja, perubahan itu harus bisa terbukti berguna. Kalau dengan perubahan itu akan ada manfaat yang jauh lebih banyak, maka menyia-nyiakannya adalah kesalahan fatal.

Semakin dipikir, menurutku yang terpenting adalah keberanian. Aku harus berani menghadapi semua perubahan ini. Kalau memang udah dikasih hak milik perubahan ini, berarti aku cuma perlu menentukan arahnya aja: apakah aku mau ke arah yang baik atau yang buruk dengan adanya perubahan ini? Untuk mengarahkannya, aku harus berani, karena nggak ada jalan yang sangat mulus untuk mencapai sesuatu.

Topic : Same Planet, Different World
Genre : Diary

Post a comment

Private comment

Cari
Kalender
« 09 | 2018/10 | 11 »
Su M Tu W Th Fr Sa
- 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31 - - -
Tentang Diriku

bilabaik
bilabaik


Kita hidup di bumi ini
Hari ini, esok, dan seterusnya
Masa depan sangat panjang; kota impian
Mari coba satu-satu kita wujudkan


[Doraemon OST - Bokutachi Chikyuujin]

Jadikan Teman

Jadilah teman user ini.

Tautan Saya
Buku
Book recommendations, book reviews, quotes, book clubs, book trivia, book lists
Tautkan Ke Saya


RSS
Powered by FC2 BLOG

Let's start blogging!!

Powered by FC2 Blog