Soundtracks of the Week

Playlist Cover



Pekan ini adalah pekan yang lucu. Dimulai dari acara keluarga yang asyik, yang juga merupakan kali pertama aku absen di semester ini, sampai ke musibah ukuran sedang, yang juga merupakan pengalaman pertamaku berurusan dengan kriminalitas. Jujur saja, aku sampai-sampai nggak bisa bikin komplain apa-apa. Mungkin saking lucunya, aku jadi nggak bisa merasakan semuanya dengan wajar. Hmm, kedengerannya sedih, memang, tapi perlu aku informasikan, aku nggak bener-bener merasakan apa-apa, dan boleh dibilang aku justru bingung harus bersikap seperti apa.

Pada akhirnya, aku cuma bisa mengingat lagu-lagu yang menemaniku di hari-hari itu. Lagu-lagu itu adalah yang aku bagikan di postingan kali ini. Tanya aja, deh, sama orang rumah, dan mereka semua akan bilang kalau selama pekan ini, lagu-lagu ini telah menjadi bagian kehidupan mereka. Haha. Itulah latar belakang dari judul tulisan ini.

Pertanyaan yang mungkin muncul berikutnya adalah, "Mengapa dan bagaimana lagu-lagu ini bisa menjadi soundtracks of the week?" Maka dari itu, izinkan aku untuk menjelaskan sedikit latar belakang hadirnya masing-masing lagu ini di dalam kehidupanku pekan ini.
  • Emicida - Aos olhos de uma criança (In the eyes of a child)
Biasanya kalau hari-hari sekolah, aku nggak pernah bener-bener nonton film-film yang sudah ada di laptop. Tapi, karena sebuah paksaan di long weekend kemarin, aku akhirnya jadi nonton dua film bareng adik-adikku. Salah satu dari dua film itu adalah O menino e o mundo atau Boy and the World, sebuah film animasi yang menurutku sangat luar biasa. Aku secara personal merekomendasikan film ini. Lagu pertama di playlist ini adalah soundtrack dari film itu.

Kalau bisa bahasa Portugis Brazil, mungkin boleh dicoba nonton film ini dan ngedengerin lagu utama yang ada di film ini, Airgela. Tapi, jangan salahkan aku kalau ternyata semua percakapan di film ini dan lirik lagu Airgela itu nggak ada yang comprehensible, karena ternyata memang semua utterances-nya adalah inverted Portuguese. Artinya, semua kalimatnya itu dibalik. Jadi, kata "airgela" itu adalah versi inverted dari kata "alegria," yang artinya adalah "kebahagiaan." Kalau penasaran, silakan dengarkan lagu Airgela di YouTube. Di deskripsinya akan ada liriknya, versi inverted dan versi proper.
  • The Carpenters - There's a Kind of Hush
Waktu itu, kami ceritanya ada di mobil, dalam perjalanan mau makan di Ayam Penyet Surabaya. Aku sama adik-adik nggak begitu memperhatikan waktu Abi nyetel VCD berisi lagu-lagu lama yang populer di masa muda Abi sama Ummi. Kami baru memperhatikan waktu lagunya adalah Yesterday dari The Beatles. Setelah lagu itu, lagu-lagu berikutnya main, dan aku sama adikku jadi karaoke gitu, mengomentari liriknya yang kadang-kadang lucu dan cheesy, juga slideshow gambar di latarnya yang sama sekali nggak ada hubungannya dengan lagu yang lagi main. Apalagi ditambah dengan efek transisi yang kesannya kurang modern. Bener-bener khas video karaoke. Haha.

Nah, ketika lagu There's a Kind of Hush ini main, adikku langsung ikut nyanyi. Aku langsung ikutan nyanyi habis itu, karena jujur saja, lagu ini, alih-alih romantis, malah lucu buat kami. Liriknya bener-bener catchy, terutama di bagian "All over the world / tonight" dan "You know what I mean." Begitu kami sampai di Ayam Penyet Surabaya, kami langsung cerita ke kakak kami yang beda mobil, dan aku langsung nyari informasi lagunya di internet. Ternyata, lagu ini aslinya dinyanyiin sama Herman's Hermits, terus semacam di-cover sama The Carpenters. Nah, versi cover inilah yang aku bagikan di sini. Sejak itu, aku hampir selalu nyanyi lagu ini setiap hari!
  • Poyuschie Vmeste - Takogo kak Putin (One like Putin)
Untuk lagu ketiga ini, aku baru tahu waktu sudah pulang dari liburan. Di rumah, karena nggak semua channel di TV kabel kami bisa ditonton (dan yang bisa ditonton bukanlah yang kami suka), pelarian kami adalah YouTube. Aku sama adik-adik punya acara favorit sendiri-sendiri kalau nonton YouTube. Rafi suka nonton video-video commentaries dan yang macam-macam begituan, Ulya suka nonton video klip lagu-lagu, sementara aku lebih suka nonton video talkshow. Salah satu video talkshow yang aku suka adalah Last Week Tonight with John Oliver. Di salah satu episode acara itulah aku menemukan lagu ini.

Despite kata orang-orang yang bilang kalau ini lagu propaganda, aku nggak mendengarkan lagu ini karena lirik maupun video klipnya. Aku mendengarkan lagu ini murni karena musiknya yang catchy. Tapi, kalau penasaran sama liriknya, intinya lagu ini bercerita tentang seorang wanita yang dikecewakan oleh seorang pria, dan kemudian ingin memiliki seorang kekasih yang seperti Vladimir Putin. Lucu, kan? Ya, dan kalau sudah lihat videonya John Oliver, mungkin lagu ini jadi terdengar semakin lucu. Silakan dilihat kalau memang penasaran, tapi aku peringatkan, mungkin ada konten di dalam video itu yang tidak cocok untuk anak-anak, jadi aku mohon kebijakannya.

Hei, ternyata ketiga lagu ini berasal dari daerah yang berbeda-beda, ya? Haha. Aku malah baru sadar! See, hidup ini lucu sekali. Sayang kalau nggak dinikmati, eh? Jadi, dari lagu-lagu ini pun orang-orang bisa melihat kehidupan seperti apa yang sedang aku alami. Kenyataan hidup kebanyakan seringkali membuat fantasi kanak-kanak kita jadi nggak nyata. Akan ada orang-orang yang benar-benar menyukai dan mencintai kita, tapi kita pun akan dihadapkan dengan orang-orang yang tidak sebaik yang kita kira. Lalu, di situlah kita akan lihat kelucuan dalam hidup: seringkali kita terlalu polos untuk bisa membedakan keduanya, dan seringkali kita bahkan nggak menyadarinya. Tapi, semua kelucuan itulah yang membuat kita terus belajar setiap hari.

Topic : Same Planet, Different World
Genre : Diary

Post a comment

Private comment

Cari
Kalender
« 07 | 2017/08 | 09 »
Su M Tu W Th Fr Sa
- - 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 - -
Tentang Diriku

bilabaik
bilabaik


Kita hidup di bumi ini
Hari ini, esok, dan seterusnya
Masa depan sangat panjang; kota impian
Mari coba satu-satu kita wujudkan


[Doraemon OST - Bokutachi Chikyuujin]

Jadikan Teman

Jadilah teman user ini.

Tautan Saya
Buku
Book recommendations, book reviews, quotes, book clubs, book trivia, book lists
Tautkan Ke Saya


RSS
Powered by FC2 BLOG

Let's start blogging!!

Powered by FC2 Blog